skip to Main Content

5 Macam Jenis Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis Affiliate atau affiliate marketing mungkin memang masih tidak terlalu umum jika dibandingkan dengan bisnis dropshipper atau reseller. Tapi bagi anda yang memiliki bisnis online, sistem bisnis affiliate ini dapat membuat bisnis online anda menjadi semakin berkembang.

Dalam sistem Affiliate Marketing, member affiliasi akan mendapatkan sejumlah komisi apabila produk yang ditawarkan berhasil terjual. Dalam prakteknya, bisnis affiliate ini sebenarnya memiliki beberapa jenis yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja jenis – jenis affiliate marketing yang ada, anda bisa lebih mudah menentukan seperti apa bentuk affiliate marketing yang paling sesuai untuk anda jalankan. Atau jika anda memiliki sebuah bisnis, anda juga bisa lebih mudah menentukan bentuk affiliate marketing yang paling sesuai dengan bisnis anda.

Beberapa bentuk bisnis afiliasi yang paling umum ditemui adalah Pay Per Sale (PPS), Pay per Lead (PPL), Pay per Click (PPC), Pay per Review (PPR), dan Recurring Affiliate Program (AFR). Setiap jenis program afiliasi memiliki kelebihannya masing – masing yang bisa anda pilih sesuai dengan kenyamanan anda. Berikut ini adalah perbedaan antara jenis bisnis afiliasi tersebut.

  1. Pay per Sale (PPS)

Bisnis afiliasi dalam bentuk Pay per Sale atau yang sering disebut sebagai PPS ini adalah program bisnis afiliasi dimana komisi afiliasi bisa diterima oleh mitra apabila terjadi penjualan. Biasanya, setiap mitra afiliasi akan memiliki link afiliasi masing – masing yang unik. Link ini yang bisa mereka sebarkan baik melalui posting blog, media sosial, atau sarana lainnya.

Mitra afiliasi akan mendapatkan komisi dari setiap orang yang melakukan pembelian melalui link afiliasi tersebut. Biasanya, besaran atau persentase komisi ini bisa berbeda – beda tergantung bagaimana kebijakan advertiser atau perusahaan yang menawarkan program afiliasi ini.

  1. Pay per Lead (PPL)

Sistem afiliasi ini hampir mirip dengan model bisnis pay per sale. Hanya saja, komisi yang didapat oleh mitra afiliasi bukan berdasarkan pembelian yang dilakukan melalui link afiliasi, tapi tergantung berapa banyak orang yang mau melakukan pengisian aplikasi atau data pada situs yang menawarkan program afiliasi tersebut.

  1. Pay per Click (PPC)

Pay per Click ini adalah salah satu bentuk afiliasi yang biasanya diambil oleh para blogger. Beberapa situs juga memanfaatkan sistem ini untuk bisa meningkatkan traffic website. Sistem afiliasi ini akan memberikan komisi kepada mitra afiliasi untuk setiap klik yang dilakukan oleh para pengunjung blog mitra.

  1. Pay per Review (PPR)

Selain 3 jenis sistem tersebut, ada pula sistem afiliasi yang akan memberikan komisi kepada mitra untuk setiap review yang anda tulis. Pembayaran komisi akan diberikan kepada mitra afiliasi sesuai dengan page rank blog yang dimiliki blog tersebut.

  1. Recurring Affiliate Program (AFR)

Jenis afiliasi ini biasa digunakan oleh penyedia web hosting atau auto responder. Pada bisnis afiliasi ini, pihak mitra afiliasi akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang berlangganan layanan atau produk yang dimiliki oleh pihak yang menawarkan afiliasi. Bisnis semacam ini biasanya memberikan pembayaran komisi secara berkala.

Itulah beberapa jenis bisnis affiliate yang bisa anda sesuaikan dengan diri anda atau bisnis anda.Akan tetapi, untuk bisa memaksimalkan potensi bisnis affiliate ini, baik sebagai mitra maupun pihak yang menawarkan afiliasi, anda perlu lebih memahami seluk beluk bisnis afiliasi ini, seperti yang diajarkan dalam www.sekolah1milyar.com.

Jika anda berminat untuk mengikuti Sekolah Bisnis 1 Milyar, anda bisa menghubungi Febriyan Muhammad di 082165085858. Semakin cepat anda bergabung dalam Sekolah Bisnis 1 Milyar, maka akan semakin dekat juga anda dengan mimpi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hp 0821 6508 5858daftar FREE MEMBER
Back To Top