skip to Main Content

Kursus Internet Marketing, Penting Nggak Sih?

Belajar autodidak atau kursus?

KURSUS INTERNET MARKETING sekarang ini jadi incaran.  Kemudahan teknologi saat ini membuat bisnis berkembang.  Bisnis online mulai banyak dipilih orang sebagai sampingan atau sumber penghasilan utama. Bisnis online ini semula memang mudah dijalani, namun sekarang ketika sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini butuh trik khusus agar bisnis berkembang.

Salah satu kunci dalam berbisnis adalah marketing yang andal.  Internet marketing pun berkembang, sehingga dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankannya. Tidak bisa sembarangan atau autodidak. Kursus internet marketing mulai dilakoni pebisnis untuk memajukan bisnis mereka.

Bagi mereka yang memiliki latar belakang bisnis bisa jadi marketing adalah hal mudah. Namun bagi pebisnis yang tidak memiliki latarbelakang bisnis atau baru memulai bisnis pengetahuan ini menjadi penting. Buku-buku teori memang banyak beredar dan bisa jadi referensi. Demikian pula dengan artikel-artikel tentang internet marketing yang bersliweran di internet.

Membaca buku atau artikel yang bisa dicari di internet belum tentu bisa menjawab persoalan.  Pebisnis yang baru terjun ke internet marketing membutuhkan diskusi dan obrolan dengan orang yang lebih berpengalaman.  Diskusi tersebut tentu akan menambah pengetahuan  pebisnis di dunia internet  marketing. Itu sebabnya banyak pebisnis yang akhirnya memilih ikut kursus internet marketing.

Kamu bisa memilih mengikuti kursus internet marketing online ataukah offline. Jika online kamu tak perlu repot pergi ke tempat kursus. Kamu hanya mengandalkan jaringan intenet, perangkat komputer, dan kamu bisa mengaksesnya kapan saja. Sedangkan kursus offline tentu kamu harus datang ke tempat kursus. Kamu harus menyesuaikan jadwal kursus dengan waktu yang kamu miliki.

Seberapa Penting Kursus Internet Marketing

Tidak ada keharusan memang bagi pebisnis untuk mengikuti kursus. Namun perlu diketahui  saat ini banyak orang yang berbisnis dengan mengandalkan internet marketing. Itu sebabnya  pengetahuan dan kursus diperlukan untuk melejitkan bisnis anda.

Selain online dan offline ada pula kursus internet marketing yang gratis dan berbayar. Jika memiliki budget khusus pasti memilih untuk kursus berbayar karena lebih banyak materi yang bisa didapat. Sedang jika gratis materi yang diberikan hanya sedikit dan dasar-dasarnya saja.

Internet marketing adalah pemasaran produk barang atau jasa yang dilakukan melalui media internet.  Perkembangan internet, makin mudahnya orang mengakses internet, dan akses internet yang makin mudah di pelosok daerah juga berpengaruh pada perkembangan internet marketing.

Perlu diketahui, internet marketing bukan hanya memasarkan produk saja akan tetapi lebih jauh lagi. Itu sebabnya diperlukan adanya kursus internet marketing.  Internet marketing bukan sekadar belajar menawarkan produk melalui internet. Akan tetapi juga membranding produk yang dijual dan mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Bagaimana cara agar penawaran anda di internet berada di posisi teratas dan ramah mesin pencarian Google.

Apa Saja sih Materi yang Ada di Kursus Internet Marketing?

Selain memasarkan produk melalui internet, beberapamateri yang ditawarkan di kursus internet marketing, antara lain:

  1. Memahami Pola Internet Marketing

Materi ini akan diberikan kepada peserta apa itu internet marketing. Secara garis besar pengertian internet marketing adalah menjual atau memasarkan barang atau jasa menggunakan media internet.  Namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan antara lain ramah terhadap mesin pencarian.

  1. Mengenal Potensi Pasar

Mengetahui siapa pasar kita adalah hal penting dalam berbisnis. Hal ini juga penting di pelajari dalam internet marketing untuk menetukan bagaimana kemasan produk atau penawaran kita berikutnya.

  1. Mengetahui siapa saja Pesaing Kita

Kita bukanlah pemain tunggal di dunia internet marketing. Ada puluhan bahkan ratusan orang yang juga terjun dan menekuni internet marketing.Itu sebabnya penting bagi kita untuk mengetahui peta pesaing, terutama yang menawarkan produk  barang atau jasa yang sama.

  1. Bagaimana Membuat Promo yang Ramah Google

Setelah mengetahui beberapa hal mendasar. Tahap selanjutnya adalah bagaimana membuat promo yang ramah Google. Keywords atau kata kunci menjadi penting agar penawaran produk yang kita bikin itu berada pada halaman teratas mesin pencarian Google.

  1. Optimalisasi Media Sosial

Media sosial adalah salah satu wadah promosi. Bukan hanya gratis akan tetapi juga efektif. Kendati demikian ada trik khusus yang harus dipelajari . Tidak sembarangan memakai atau menyebarkan konten promo kita.

Pilih Kursus Gratis atau Berbayar, Offline atau Online?

Jika kamu sedang belajar bisnis lalu berselancar di dunia maya tentang internet marketing pasti muncul berbagai penawaran. Mulai yang gratis sampai berbayar. Lalu pilih yang mana ya? Jika kamu memiliki budget tentu  bisa memilih kursus berbayar yang memiliki tutorial lengkap.  Materi yang diberikan pun lebih terstruktur dan akan diberikan secara bertahap.

Kursus berbayar berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Dengan berbagai fasilitas yang bisa menunjang kebutuhan kamu dalam mempelajari seluk beluk internet marketing.  Kendati demikian kursus internet marketing gratis pun bisa memberikan banyak manfaat bagi kamu.

Kuncinya adalah kamu harus teliti dalam mencari laman kursus yang menawarkan gratis. Kualitas itu menjadi penting tidak hanya efisien dari sisi biaya saja.  Pertama lihatlah media apa yang digunakan. Apakah mereka hanya menyediakan materi-materi berbentuk file yang dapat kamu unduh? Atau mereka menyediakan video tutorial yang bisa kamu pelajari.  Belajar menggunakan media video tutorial lebih efektif karena kamu dapat langsung mempraktikkan apa yang disampaikan oleh tutor.

Jika ingin mendapat materi lebih dalam dan banyak lagi tentu kamu harus memilih kursus yang berbayar. Selain materi yang lebih lengkap, biasanya kamu akan mendapat fasilitas lebih dibanding jika memilih kursus gratis. Fasilitas lebih inilah yang membuatmu harus jeli dalam memilih. Termasuk mater-materi yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisnismu.

Selain gratis dan berbayar, pilihan kamu adalah memilih kursus online atau offline.  Keduanya punya kekurangan dan kelebihan. Seperti yang telah ditulis sebelumnya kursus offline artinya kamu harus menyesuaikan jadwal yang sudah ditentukan oleh lembaga kursus.

Namun kelebihannya kamu bisa bertatap muka langsung dengan pengajarnya dan bertanya apalagi ada hal-hal yang tidak mengerti. Selain itu bertemu langsung dengan peserta kursus saling berdiskusi dan bertukar pengalaman secara langsung akan memberikan kesan berbeda dibanding jika mengikuti kursus online.

Jika mengikuti kursus offline biasanya kamu akan dijelaskan oleh petugas tentang materi apa yang kamu dapat. Selain itu jika ada praktik kamu bisa menerapkan langsung materi yang diberikan sehingga tidak akan canggung ketika menerapkannya ke bisnis yang kamu jalani.

Lazimnya dalam kursus offline akan berlangsung selama enam sampai delapan jam tatap muka.  Sekali tatap muka ada dua jam, sehingga ada tiga sampai empat kali pertemuan.  Selain materi dan praktik, kursus internet marketing juga memberikan workshop berkala kepada pesertanya.Untuk memperdalam materi seringkali tutor memberikan tugas kepada peserta. Tugas tersebut juga untuk mengetahui seberapa dalam mereka memahami materi yang diberikan dalam kursus internet marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hp 0821 6508 5858daftar FREE MEMBER
Back To Top